Disini kita menggunakan internet sebagai penyedia sumber belajar
. Berikut ini adalah contoh Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) matematika sub-bab Aritmatika Sosial di kelas VII sekolah
menengah pertama semester 2.
Standar Kompetensi
Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan
pertidaksamaan linear satu variabel, dan perbandingan dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar
Menggunakan
konsep aljabar dalam pemecahan masalah aritmetika sosial yang sederhana
Tujuan
1. Menentukan besar untung dalam kegiatan perdagangan
2. Menentukan besar rugi dalam kegiatan perdagangan.
3. Menentukan harga pembelian dan harga penjualan dalam kegiatan
perdagangan
Indikator
Siswa
dapat :
1. Menentukan harga jual dan harga beli
2. Menentukan besar dan persentase laba dan rugi
3. Menentukan besar dan persentase diskon
1. Menentukan harga jual dan harga beli
2. Menentukan besar dan persentase laba dan rugi
3. Menentukan besar dan persentase diskon
Metode
Pembelajaran
Kooperatif menggunakan internet
Kegiatan
Pembelajaran
Dalam kehidupan sehari-hari kita sering
melihat peristiwa jual beli suatu
barang. Pada kegiatan jual beli tersebut terdapat harga pembelian, harga
penjualan, untung atau rugi. Dalam kegiatan ekonomi bagaimana cara menentukan
salah satu dari harga pembelian, harga penjualan, untung/rugi yang diterima
jika dua diantaranya diketahui, demikian juga bagaimana cara menentukan rabat
dan bunga tunggal? Kegiatan pembelajaran dapat diawali dengan memanfaatkan
sebuah power point yang berkaitan
dengan aritmatika sosial.
</span></div>
</span></div>
<div dir="ltr" style="text-align: left;"
trbidi="on">
<embed
float="center" height="500" pluginspage="http://www.macromedia.com/go/getflashplayer"
src="https://sites.google.com/site/fatimahaviva/movie.swf?attredirects=0"
type="application/x-shockwave-flash" width="500"
wmode="transparent"></embed>
Sebagian siswa ada yang susah memahami
apabila materi yang diberikan hanya secara visual,untuk itu saya lampirkan
video untuk menambah pemahaman siswa mengenai aritmatika sosial :
Video :
Video (1) : http://www.youtube.com/watch?v=9EHZKvBd-HI
Sambungan Video (2) : http://www.youtube.com/watch?v=NXVfi-_rkuQ
Sambungan Video (3) : http://www.youtube.com/watch?v=JN_-KCn7cnI
Video Berbelanja : http://www.youtube.com/watch?v=YoOKGBwm6qU
Sambungan Video (2) : http://www.youtube.com/watch?v=NXVfi-_rkuQ
Sambungan Video (3) : http://www.youtube.com/watch?v=JN_-KCn7cnI
Video Berbelanja : http://www.youtube.com/watch?v=YoOKGBwm6qU
Selanjutnya guru akan
memberikan pertanyaan kepada siswa dan meminta siswa untuk berdiskusi menjawab
pertanyaan terkait video yang diberikan dan memberikan beberapa latihan soal
untuk melihat pemahaman siswa terkait materi aritmatika sosial yang telah disiapkan. Berikut soalnya:
·
Setelah melihat pembahasan diatas,jelaskan dengan
kalimatmu sendiri mengenai arimatika sosial diatas .
Setelah mengajak siswa memperhatikan
power point dan video yang berkaitan dengan aritmatika sosial, guru dapat
mengajak siswa membahas simulasi matematika
berkaitan dengan aritmatika sosial untuk memperkaya pengetahuan siswa tersebut .Check
this out ,enjoooy ^^
.
Dibawah ini adalah langkah-langkah kegiantan
pembelajaran yang dilakukan:
No
|
Guru
|
Siswa
|
1
|
Guru
mengajak siswa untuk memperhataikan power point dan menonton video tentang
aritmatika sosial.
|
Para peserta didik bersama-sama
memperhatikan dan menonton video yang
telah disiapkankan.
|
2
|
Setelah menonton video tersebut, guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk menceritakan kembali isi yang ada
pada video yang mereka lihat.
|
Siswa
menceritakan isi video
|
3
|
Guru mengajak siswa untuk berdiskusi dan
memberikan pertanyaan kepada siswa terkait video aritmatika sosial dan
memberikan beberapa soal yang dapat ditemukan didalam web yang telah
disiapkan
|
siswa berdiskusi untuk menyelasaikan
pertanyaan yang diberikan oleh guru.
|
4
|
Guru
mengajak siswa bermain kuis berkaitan dengan aritmatika sosial.
|
Siswa
bermain kuis.
|
5
|
Sebagai
bahan belajar tambahan, guru memberikan alamat web berisi buku dan latihan
soal aritmatika sosial
|
Para
peserta didik mencatat referensi yang telah diberikan.
|
6
|
Untuk
kegiatan akhir pembelajaran, guru meminta
Siswa
untuk memberikan
kesimpulan tentang materi hari ini.
|
Para
peserta didik menyimpulkan tentang pembelajaran aritmatika sosial .
|
Sebagai referensi untuk belajar mandiri dirumah siswa diberikan materi berbentuk bse dan juga disuruh untuk mengerjakan latihan-latihan yang ada dapat didownload di :
Selamat
belajar ^^
Tidak ada komentar:
Posting Komentar