Berikut ini adalah contoh Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) matematika mengenai Sudut yang saling melengkapi &
berdekatan di kelas VII sekolah
menengah pertama semester 2.
A. Standar
Kompetensi
Memahami hubungan garis dengan garis, garis dengan sudut,sudut dengan
sudut, serta menentukan ukurannya.
B. Kompetensi
Dasar
Memahami hubungan antar sudut
dan sifat-sifat sudut yang terbentuk jika dua
garis berpotongan atau dua garis sejajar berpotongan
dengan garis lain.
C.
Indikator
· Menjelaskan
hubungan antar sudut.
· Menemukan sifat sudut jika dua garis sejajar dipotong garis ketiga ( garis
lain).
· Menggunakan sifat-sifat sudut dan garis untuk menyelesaikan soal.
D. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1. Menjelaskan
hubungan antar sudut
2. Menemukan
sifat sudut jika dua garis sejajar di potong garis ketiga (garis lain).
3. Menyelesaikan
soal-soal dengan menggunakan sifat-sifat sudut dan garis.
E. Metode Pembelajaran
Kooperatif menggunakan internet
F. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran dapat diawali
dengan memanfaatkan video youtube berkaitan dengan Sudut yang saling melengkapi &
berdekatan .
<iframe
width="420" height="315"
src="http://www.youtube.com/embed/rapxhOdPdmU"
frameborder="0" allowfullscreen></iframe>
Video tersebut berdurasi kurang dari
empat menit, memberikan ilustrasi real mengenai Sudut yang saling melengkapi &
berdekatan.
Selanjutnya guru akan memberikan
pertanyaan kepada siswa dan meminta siswa untuk berdiskusi menjawab pertanyaan
terkait video yang diberikan dan memberikan beberapa latihan soal untuk melihat
pemahaman siswa yang telah disiapkan. Berikut soalnya:
· Jelaskan dengan kalimatmu sendiri
apa saja langkah-langkah yang harus kita lakukan dalam menyelesaikan
permasalahan sudut yang saling melengkapi dan berdekatan .
Setelah mengajak siswa menonton video
berkaitan dengan, guru dapat mengajak siswa bermain quis matematika berkaitan
dengan Sudut yang saling
melengkapi & berdekatan hal ini ditujukan agar
siswa benar-benar memahami video tersebut.
Dibawah ini adalah langkah-langkah kegiatan
pembelajaran yang dilakukan:
No
|
Guru
|
Siswa
|
1
|
Guru mengajak siswa
untuk menonton video tentang sudut yang berdekatan .
|
Para peserta didik
bersama-sama memperhatikan dan menonton
video yang telah disiapkankan.
|
2
|
Setelah menonton video
tersebut, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menceritakan kembali
isi yang ada pada video yang mereka lihat.
|
Siswa menceritakan isi
video
|
3
|
Guru mengajak siswa
untuk berdiskusi dan memberikan pertanyaan kepada siswa terkait video dan
memberikan beberapa soal yang dapat ditemukan didalam web yang telah disiapkan
|
siswa berdiskusi untuk
menyelasaikan pertanyaan yang diberikan oleh guru.
|
4
|
Guru mengajak siswa
bermain kuis berkaitan dengan sudut yang berdekatan .
|
Siswa bermain kuis.
|
5
|
Sebagai bahan belajar
tambahan, guru memberikan alamat web berisi buku dan latihan soal
|
Para peserta didik
mencatat referensi yang telah diberikan.
|
6
|
Untuk kegiatan
akhir pembelajaran, guru
meminta Siswa untuk memberikan
kesimpulan tentang materi hari ini.
|
Para peserta didik
menyimpulkan tentang pembelajaran mengenai sudut yang saling berdekatan.
|
G. Media dan Sumber Belajar
Komputer
dan internet.
Sumber belajar lainnya dapat ditelusuri melalui search engine di internet.
Sumber belajar lainnya dapat ditelusuri melalui search engine di internet.
Berikut saya cantumkan referensi
belajar siswa :
Mudah-mudahan
setelah siswa mempelajari dari web based lesson ini siswa jadi mudah memahami
dan dapat mengkonstruk pengetahuannya dengan sempurna .
Selamat
Belajar ^^
Tidak ada komentar:
Posting Komentar