Sudut yang saling melengkapi & berdekatan (Bersuplemen)


           Berikut ini adalah contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) matematika mengenai Sudut yang saling melengkapi & berdekatan di kelas VII sekolah menengah pertama semester 2.

A.   Standar Kompetensi   

 Memahami hubungan garis dengan garis, garis dengan sudut,sudut dengan sudut, serta menentukan ukurannya.

B.    Kompetensi Dasar      

Memahami hubungan antar sudut dan sifat-sifat sudut yang terbentuk jika dua garis berpotongan atau dua garis sejajar berpotongan dengan garis lain.

     C. Indikator    
              
·    Menjelaskan hubungan antar sudut.
·    Menemukan sifat sudut jika dua garis sejajar dipotong garis ketiga ( garis lain).
·    Menggunakan sifat-sifat sudut dan garis untuk menyelesaikan soal.
                    
D. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat:
1.      Menjelaskan hubungan antar sudut
2.      Menemukan sifat sudut jika dua garis sejajar di potong garis ketiga (garis lain).
3.      Menyelesaikan soal-soal dengan menggunakan sifat-sifat sudut dan garis.

 E. Metode Pembelajaran


    Kooperatif menggunakan internet


   F. Kegiatan Pembelajaran

      Kegiatan pembelajaran dapat diawali dengan memanfaatkan video youtube  berkaitan   dengan Sudut yang saling melengkapi & berdekatan .



<iframe width="420" height="315" src="http://www.youtube.com/embed/rapxhOdPdmU" frameborder="0" allowfullscreen></iframe>

      Video tersebut berdurasi kurang dari empat menit, memberikan ilustrasi real mengenai Sudut yang saling melengkapi & berdekatan.

      Selanjutnya guru akan memberikan pertanyaan kepada siswa dan meminta siswa untuk berdiskusi menjawab pertanyaan terkait video yang diberikan dan memberikan beberapa latihan soal untuk melihat pemahaman siswa yang telah disiapkan. Berikut soalnya:

·           Jelaskan dengan kalimatmu sendiri apa saja langkah-langkah yang harus kita lakukan dalam menyelesaikan permasalahan sudut yang saling melengkapi dan berdekatan  .

       Setelah mengajak siswa menonton video berkaitan dengan, guru dapat mengajak siswa bermain quis matematika berkaitan dengan Sudut yang saling melengkapi & berdekatan  hal ini ditujukan agar siswa benar-benar memahami video tersebut.





Dibawah ini adalah langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang dilakukan:

No
Guru
Siswa
1
Guru mengajak siswa untuk menonton video tentang sudut yang berdekatan .
Para peserta didik bersama-sama memperhatikan dan  menonton video yang telah disiapkankan.
2
Setelah menonton video tersebut, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menceritakan kembali isi yang ada pada video yang mereka lihat.
Siswa menceritakan isi video
3
Guru mengajak siswa untuk berdiskusi dan memberikan pertanyaan kepada siswa terkait video dan memberikan beberapa soal yang dapat ditemukan didalam web yang telah disiapkan
siswa berdiskusi untuk menyelasaikan pertanyaan yang diberikan oleh guru.
4
Guru mengajak siswa bermain kuis berkaitan dengan sudut yang berdekatan .
Siswa bermain kuis.
5
Sebagai bahan belajar tambahan, guru memberikan alamat web berisi buku dan latihan soal

Para peserta didik mencatat referensi yang telah diberikan.
6
Untuk kegiatan akhir  pembelajaran, guru meminta Siswa untuk memberikan kesimpulan tentang materi hari ini.
Para peserta didik menyimpulkan tentang pembelajaran mengenai sudut yang saling berdekatan.


G. Media dan Sumber Belajar


Komputer dan internet.
Sumber belajar lainnya dapat ditelusuri melalui search engine di internet.
                                
Berikut saya cantumkan referensi belajar siswa :



Mudah-mudahan setelah siswa mempelajari dari web based lesson ini siswa jadi mudah memahami dan dapat mengkonstruk pengetahuannya dengan sempurna .
Selamat Belajar ^^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar